Selamat Datang Di Website Religi Dunia Maya (Reduma)

Minggu, 30 September 2012

Kemajuan Teknologi Dan Pentingnya Ibadah

Siapa sangka manusia bisa membuat teknologi yang begitu canggih? Mesin yang belum pernah ada pada abad abad sebelumnya. Dengan mesin demi mesin manusia kemudian dengan mudahnya bepergian, berkomunikasi, mengolah makanan dan lain sebagainya yang membuat hidup manusia seakan lebih praktis dari sebelumnya. Akan tetapi kita meski berhati-hati kawanku semua, dibalik hidup yang praktis ini ada hal yang kita lupakan.

Kemajuan suatu teknologi berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Teknologi juga membantu dalam perkembangan Islam, bahkan Ulama’ sekalipun ada yang yang memakai teknologi untuk memudahkan berkomunikasi dan berdaqwah. Belum cukup sampai disana, penggunaan teropong juga menjadi bukti bahwa Islam sangat membutuhkan teknologi canggih untuk melihat bulan dalam penetapan tanggal 1 Syawal atau menetapkan Hari Raya Idul Fitri.

Berdasarkan fakta di atas ini kita dapat menyimpulkan bahwa kemajuan teknologi bukanlah bencana besar bagi ummat muslim selama teknologi tersebut kita gunakan dalam hal yang positif. Misalnya penggunaan Hand Phone dalam berkomunikasi tidak sampai menjadikan lupa akan ibadah, penggunaan Internet yang mungkin sangat primer bagi kita sebagai mahasiswa akan tetapi harus tetap kita gunakan dalam hal positif dan tidak menjadikan lupa dalam beribadah. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Allah tidak menciptakan satupun makhluk dan benda di dunia ini yang tidak berguna, jadi semua yang ada di dunia ini sangat berguna bagi kehidupan termasuk teknologi. Oleh karena itu bukan kemudian kita harus menjauh, bahkan dengan adanya teknologi yang canggih dapat menyebabkan Islam menjadi Islam Modern.

Perkembangan teknologi adalah hadiah terbaik dari zaman ini dan mari kita gunakan untuk hal positif dan tidak membuat lupa akan ibadah, HP untuk mendukung komunikasi yang positif atau fiturnya juga bisa kita gunakan untuk Alquran, alarm untuk membangunkan kita dari tidur yang pulas. Internet untuk hal positif dengan mencari refrensi tugas kuliah, facebook atau twitter serta  jejaring sosial lainnya untuk kekompakan dan silaturrahmi.

Asmaq binti Abu Bakar meriwatkan, suatu saat beliau mendengar Rasulullah yang bersabda bahwa tidak ada seorangpun yang lebih pencemburu dari pada Allah Azza Wajalla. (HR.Mutafakun Alaih)

Semoga Allah memberikan berkahNya kepada kita semua

Opini Tim Reduma

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes